Rabu, 18 Mei 2011

Pengertian SQ,IQ,EQ,AQ

Pemgertian SQ (Spiritual Quotient)
Kecerdasan spriritual yang sering disebut dengan SQ adalah kecerdassan yang berhubungan dengan kita dan Yang meciptakan kita. kecerdasan untuk menghadapi berbagai masalah/persoalan tanpa ia perlu menyalahkan keadaan atau orang-orang disekelingnya, mampu melihat dari berbagai sisi permasalahan, dan memaknai hal-hal tersebut dengan cara yang positif bukan malah sebaliknya, serta bagaimana ia memotivasi dirinya sendiri untuk dapat berlaku lebih baik daripada sebelumnya. Kecerdasan spiritual juga menunjukan diri kita kepada nilai-nilai kebenaran hakiki, yang membimbing kita dalam setiap keputusan yang kita ambil, agar tidak terjadi salah langkah , dan tetap mempunyai pegangan saat masalah/persoalan datang pada kita.

Pengertian IQ ( Intelligence Quotient)
Kecerdasan Intellegensi secara keseluruhan ialah kemampuan seorang individu untuk menganalisa,memakai logikanya dan rasionya dalam bertindak dan berfikir. Kecerdasan untuk memaknai masalah dengan lebih rasional, logis tidak hanya mementingkan emosi sesaaat.
Setiap individu memiliki kemapuan IQ yang tentunya berbeda-beda, biasanya IQ dapat di tes dengan Psikotes dan hasil yang didapat akan menentukan tingkat kecerdasan individu tersebut.
Kecerdasan IQ dapat terbentuk karena berbagai hal baik kematangan pengalaman,pengetahuan yang ia dapat baik dari lingkungan sekitar maupun sekolah formal serta skill yang memang dia punya atau bahkan ia minati, intinya menyangkut tentang ketrampialn yang kita miliki, yang nantinya juga cukup berpengaruh dalam menetukan derajat ia di masyarakat luas maupun di lingkungan sosialmya.

Pengertian EQ ( Emotional Quotient)
Kecerdasan EQ adalah kecerdasan seseorang untuk mengenali, merasakan, memahami perasaaannya sendiri dengan baik, serta dapat mengelola dan mengekspresikan emosinya dengan baik pula dan secara efektif menerapkan kepekaan emosi sebagai sumber energi yang dapat ia kontrol . Kemampuan untuk mendengarkan suara hatinya sendiri sebagai salah satu sumber informasi yang patut diperhitungkan saat pengambilan keputusan serta dapat memilah dan menyaring setiap informasi yang ia dapat dengan panca indera. Oleh karena itu EQ juga mempunyai peranan penting dalam membantu kita meraih kesuksesan pribadi secara lebih professional. Penting bagi kita untuk dapat memahami diri kita secara lebih positif, karena untuk membantu kita membangun kehidupan yang positif karena hal ini akan mendorong kita dalam mencapai tujuan-tujuan kita.
Kecerdasan emosional ini bisa berkembang dengan baik jika pengaruh yang datang dari orang-orang disekelilingnya pun mendukung secara positif, namun jika sebaliknya ia pun akan merespon demikian yakni mengekspresikan emosinya dengan cara yang tidak baik.

Pengertian AQ (Adversity Quotient)
Pengertian AQ (Adversity Quotient) ialah kemampuan seseorang untuk cepat beradaptasi baik dengan orang lain maupun masalah yang datang serta cepat mencari solusi dari hal yang ia hadapi tersebut . Serta berhubungan dengan lamanya seseorang terlarut dalam suasana hati yang tidak menentu, sejauh mana daya tahan seseorang untuk bertahan dalam menghadapi masalah yang ia hadapi dan dengan cepat beradaptasi dengan susana tersebut serta keluar dari masalah tersebut.
Intinya mengajarkan kita bagaimana dapat menjadikan tantangan bahkan ancaman atau masalah yang datang menjadi peluang yang berarti.

Hubungan antara SQ,IQ,EQ,AQ
Setiap kecerdasan yang kita milki tentunya tidak datang begitu saja, kita mempelajarinya dari kehidupan keseharian kita, Kemampuan IQ yang kita peroleh dari pengalaman, sekolah formal, bakat dan minat yang kita miliki, IQ berhubungan dengan proses berfikir kita agar lebih rasional, berubungan dengan kecerdasan intelektual kita. Namun jika kecerdasan IQ tidak ditunjang dengan kecerdasan EQ yakni kecerdasan dalam hal bergaul, berinteraksi dengan orang lain baik dalam lingkungan sekitarnya maupun masyarakat luas, karena faktor emosional lah yang justru sangat berperan untuk keberhasilan seseorang adlam menjalani kehidupan karena orang yang dapt mengkontrol emosinya dengan baik adalh orang yang megenal dirinya dengan sangat baik. Namun diantara hal tersebut SQ juga sangat berperan karena SQ merupakan cerminan hubungan kita dengan sang pencipta, dengan SQ kita tetap mempunyai pegangan, tetap mempunyai arah dan tujuan yang jelas dari hidu kita agar kita tidak terlalu terpaku untuk mengejar hal-hal yang bersifat duniawi contohnya berlomba-lomba mencapai derajat, martabat yang tinggi dimasyarakat agar terlihat terpandangan tapi tidak dipungkiri meskipun memang kita sendiri diperlukan untuk membenuk citra, dan derajat yang tinggi serta baik dilingkungan masyarakat. Seluruhnya akan membimbing kita secra utuh sehingga kita dapat meraih impian, dan tujuan kita, namun akan lebih baik jika ditambahakn AQ yang mengajarkan kita untuk cepat beradaptasi dengan masalah serta menjadikan masalah, tantangan yang menghadang jalan kita menjadi peluang yang berarti.
Seseorang yang dapat menbergunakan kecerdasan itu secara optimal kemumgkinan besar akan mampu menggapai cita-cita dan tujuan yang ingin ia raih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar